Info Seputar Kesehatan, Kuliner, Otomotif, Elektronik, Teknologi, Fashion, Travel, Properti, Olahraga, Kecantikan, Pet dan Lain - Lain Lengkap

Mengenal 3 Cara Umum Bisnis Online

Dunia digital mengalami perkembangan pesat di beberapa tahun terakhir belakangan ini. Hal ini tentu berpengaruh ke banyak bidang termasuk bidang wirausaha. Fenomena jualan online saat ini marak diperbincangkan dan sudah banyak sekali orang yang mendalami bidang tersebut. Menggunakan Jasa Digital Marketing bagi pebisnis online pun saat ini sudah bukan hal yang biasa. Pasalnya, kamu sebagai pengusaha harus fokus kepada produk seperti pembuatan produk, pengiriman barang, memikirkan ide akan produk baru dan lain sebagainya, maka dari itu menggunakan jasa tersebut merupakan hal yang sangat tepat untuk melakukan pemasaran online. Secara umum ada 3 tipe orang berbisnis online yaitu: Menjual secara pribadi, Reseller dan Dropship. Produk yang di pakai pun bebas hampir semua barang bisa dijual secara online bahkan alat yang tidak umum sekalipun seperti jual alat laboratorium online, dan lain sebagainya. Untuk itu mari kita bahas 3 model bisnis online yang biasa orang lakukan


1. Menjual Produk Secara Mandiri
Untuk tipe ini berarti kamu memproduksi atau memiliki produk sendiri yang kemudian kamu pasarkan secara online. Ini adalah tipe yang paling ideal apabila kamu ingin berbisnis secara online, karena biaya produksi barang, pengiriman hingga pemasaran kamu yang melakukan hal tersebut maka dari itu keuntungan bisa kamu maksimalkan dan kerugian dapat kamu minimalisir semaksimal mungkin. Akan tetapi menjual produk secara mandiri cenderung sulit untuk dilakukan karena kamu harus memiliki modal yang cukup besar, juga tim yang bekerja sama dalam melakukan semua hal tersebut.

2. Reseller
Sesuai dengan namanya, seorang reseller berarti menjual kembali produk yang sudah dijual dengan mendapatkan margin tertentu. Biasanya seorang reseller harus membeli produk secara grosir agar mendapatkan potongan harga, kemudian dia bisa mengatur sendiri margin keuntungan yang akan dia dapatkan pada tiap penjualan. Saat ini juga sudah banyak para supplier yang menciptakan sistem reseller khusus agar para reseller dapat menjual produk mereka secara leluasa dan mendapatkan untung yang besar. Untuk menjadi seorang reseller tidak terlalu sulit, kamu cukup mencari supplier produk yang kamu inginkan kemudian kamu beli produk tersebut secara grosir kemudian di jual kembali. Hal ini tentu atas seizin pemilik produk.

3. Dropship
Untuk menjadi seorang dropship sangat mudah sekali, kamu cukup menyediakan handphone atau laptop saja untuk berjualan. Secara umum dropship sama seperti reseller yaitu menjual kembali produk tertentu yang sudah dijual akan tetapi kamu tidak perlu untuk membeli produk tersebut. Kamu hanya perlu membantu memasarkan produk tersebut secara online saja. Akan tetapi untuk seorang dropshipper mereka tidak bisa menentukan margin keuntungan yang akan mereka dapatkan melainkan sudah ditentukan oleh pihak supplier. Menjadi seorang dropshipper mudah dilakukan akan tetapi memiliki keuntungan yang lebih sedikit daripada dua tipe yang lainnya.

Peluang bisnis online sangat besar, selain kemudahan dalam melakukan efisiensi budget juga bisa kita dapatkan dalam menjual barang secara online. Keuntungan yang di dapatkan juga bisa sangat besar mengingat modal yang di keluarkan jauh lebih sedikit dibandingkan bisnis secara konvensional. Bahkan saat ini kamu juga bisa membeli barang secara langsung dari china menggunakan jasa forwarder china. Dengan begitu kamu bisa menjual barang yang berbeda dengan yang lainnya.

Back To Top