Info Seputar Kesehatan, Kuliner, Otomotif, Elektronik, Teknologi, Fashion, Travel, Properti, Olahraga, Kecantikan, Pet dan Lain - Lain Lengkap

5 Alasan Knalpot Motor Ngebul

Pernahkah Anda mengalami atau melihat motor yang bagian knalpotnya ngebul? Ngebul atau asap yang berlebih sering terjadi pada motor. Ada penyebab-penyebab tertentu yang bisa membuat hal ini terjadi. Berikut ini adalah beberapa alasannya:


1. Seal Katup Bermasalah Atau Bocor
Alasan pertama yang mungkin terjadi adalah seal katup bocor. Fungsi dari katup adalah untuk memasukkan udara dari pembakaran mesin. Ia juga berfungsi untuk membuang gas yang berasal dari sisa-sisa pembakaran mesin. Bila motor Anda ngebul karena hal ini, Anda hanya perlu mengganti seal katupnya saja dengan yang baru. 

2. Oli Mesin Terlalu Encer
Biasanya, standart yang harus diikuti oleh oli motor tergantung pada spek SAE. Bila jenis oli yang Anda gunakan tidak sesuai dengan spek SAE atau terlalu encer, maka oli bisa masuk ke bagian-bagian kecil pada mesin. Hal ini juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa knalpot mengeluarkan asap yang lebih banyak daripada biasanya. 

3. Silinder Mesin Aus
Silinder atau linner juga bisa mengalami aus sehingga menyebabkan oli masuk ke bagian ruang bakar. Salah satu tanda yang paling terlihat bila silinder mesinnya aus adalah sulit dinyalakan saat pagi hari. Bawalah motor Anda ke bengkel untuk penggantian silinder. 

4. Pemasangan Klep Kurang Pas
Pemasangan klep haruslah pas satu dan lainnya, tanpa longgar. Saat memasang, Anda juga tidak boleh memasang klep yang salah. Klep yang satu dan lainnya tidak boleh tertukar. Untuk mengatasi hal ini, Anda hanya perlu membaliknya saja. 

5. Batang Katup Bengkok
Fungsi dari batang katup adalah menghubungkan bagian klep ke bagian cam. Batang ini terbuat dari besi sehingga seharusnya tidak ada bagian yang bengkok. Apa yang terjadi bila batang ini bengkok? Salah satu seal akan menjadi longgar, di sisi lain seal yang satunya akan menjadi longgar. Kelonggaran inilah yang berpotensi membuat oli menjadi masuk ke bagian ruang bakar. 

5 hal diatas bisa menjadi penyebab knalpot motor menjadi berasap berlebih atau ngebul. Bila Anda ragu, segera bawa motor Anda ke tukang service terdekat.

Labels: lifestyle, otomotif

Thanks for reading 5 Alasan Knalpot Motor Ngebul . Please share...!

Back To Top